Sehatnya Susu Kambing Etawa

Sehatnya Susu Kambing Etawa

Pernah mencicipi susu kambing etawa? Susu kambing etawa adalah susu yang dihasilkan dari indukan jenis kambing asal India yang pertama kali masuk ke negara Indonesia pada tahun 50’an. Kambing tidak hanya dapat dimanfaatkan daging ataupun kulitnya saja, namun juga dapat dimanfaatkan susu nya. Di Indonesia sendiri kabing etawa berkembang pesat melalui persilangan kambing Etawa dengan kambing lokal (persilangan hibrida) yang menghasilkan spesies baru yaitu Peranakan Etawa atau sering di sebut para peternak kambign sebagai kambing PE.Sehatnya Susu Kambing Etawa

Alasan susu kambing etawa tidak sepopuler susu sapi hal ini dikarenakan aroma susu kambing yang bau prengus dan tidak mengenakan. Padahal bagi sebagian orang susu sapi saja sudah membuat eneg apalagi susu kambing etawa. Namun hal ini tidak menyurutkan peran produsen serta peternak untuk mendistribusikan susu kambing ini. Dengan inovasi pengolahan dengan teknologi canggih menyulap susu kambing etawa cair menjadi susu kambing etawa bubuk organik yang rasanya gurih tidak amis ataupun tidak bau prengus lagi. Dengan demikian permintaan pasar juga semakin kian diminati. Inovasi ini tampaknya sukses untuk menggiring masyarakat untuk lebih mementingkan kesehatan dengan rutin mengkonsumsi susu kmabing etawa sebagai pengganti susu sapi.

Upaya produk jadi susu kambing etawa ini juga memberikan solusi bagi mereka yang membutuhkan akan susu kambing namun jauh dari lokasi peternakan. Karena susu cair lebih susah dalam pendistribusiannya, dimana harus dalam keadaan beku dan steril. Kalau tidak akan cepat rusak dan basi. Berbeda dengan produk susu kambing etawa bubuk dalam kemasan, yang lebih tahan lama dengan masa expired rata rata 1 tahun tanpa bahan pengawet.

FYI (for your information) susu kambing memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh kita, bahkan sering di klaim hampir setara dengan ASI (Air Susu Ibu). Faktanya susu kambing etawa lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan manusia dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini disebabkan susu kambing mempunyai partikel lemak halus dan lembut. Jadi sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari tanpa ada efek samping, alergi, atau diare. Susu kambing etawa boleh dikonsumsi mulai balita 1 tahun keatas sampai lansia.

Secara alamiah susu kambing memiliki asam lemak esensial (asam linoleat dan asam arachidonat), mudah dicerna dan dikonversikan menjadi energi, nutrisi serta gizi yang mudah diserap oleh tubuh. Rutin mengkonsumsi susu kambing etawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati berbagai penyakit seperti anemia, gangguan pernafasan dan tulang.

Bagi anda yang alergi terhadap susu sapi umumnya dikarenakan intoleran lakotsa bisa memilih option alternatif susu kambing etawa untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Laktosa (gula) dan alpha-s-1-casein (protein) menjadi pemicu utama terjadinya alergi.

Susu kambing etawa Reviews Avg. Rating: 100 998323