Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar (BAB)

Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar (BAB)

Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar (BAB). Belum lama setelah artikel ini di publish saya mendapat keluhan dari seorang ibu. Beliau memiliki anak yang masih balita, usianya 2 tahun. Kebetulan anak nya mengidap penyakit flek paru paru dan memberikan susu kambing etawa kepada anaknya sebagai terapi pengobatan flek paru paru. Dan kebetulan juga setelah mengkonsumsi susu kambing etawa dedek bayi tidak BAB hampir 3 harian. Langsung saya menanyakan sudah berapa lama mengkonsumsi susu kambing, sehari mengkonsumsi berapa kali, selain susu apakah ada makanan dan mibayi susah BABnuman pendamping lainnya? Ibu tersebut memaparkan baru baru ini mengkonsumsi susu kambing etawa, awalnya mengkonsumsi susu formula dan pencernaannya baik baik saja. Makanan pendamping nasi, dan dalam sehari mengkonsumsi susu kambing etawa 2 kali pagi dan malam dengan takaran 2x sendok makan untuk takaran 100 ml air.

Dari situ saya menjelaskan kepada ibu tersebut bahwa dedek bayi mengalami konstipasi atau biasa dikenal dengan sebutan sembelit atau susah air besar. Hal tersebut dapat dialami siapa saja dan wajar dialami oleh balita dan yang jelas bukan dikarenakan karena susu kambing etawa, karena pada dasarnya susu kambing etawa memperlancar pencernaaan serta memperbaiki sistem percernaan. Apa sih penyebab “Konstipasi”? Mari kita bahas disini beserta Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar (BAB).

Penyebab Bayi Susah Buang Air Besar (BAB)

Susah buang air besar (konstipasi) adalah gangguan yang kerap terjadi pada bayi. Gejalanya, selain sulit buang air besar, adalah tinja keras, nyeri di daerah anus, bahkan keluar darah segar akibat perlukaan anus. Penyebab terjadinya susah BAB pada balita adalah sebagai berikut :

  • Asupan (intake) cairan kurang, sehingga timbul dehidrasi.
  • Susu formula dengan kadar zat besi tinggi.
  • Susu formula dengan kandungan lemak nabati misalnya kelapa sawit.
  • Pembuatan susu formula terlalu pekat. Untuk balita 2x sendok makan untuk 200cc air / 200 ml air.
  • Pola makan yang tidak seimbang, yaitu lebih banyak konsumsi lemak, karbohidrat, dan kurang makanan yang mengandung serat.
  • Perubahan pola makan, seperti saat bayi diperkenalkan dengan makanan padat. (Sumber dikutip dari www.ibudanbalita.com)

Solusi mengatasi bayi / balita yang susu BAB adalah :

  • Untuk bayi dibawah usia 6 bulan, sangat direkomendasikan untuk tetap diberikan ASI eklusif. Karena ASI sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi sehingga tidak menimbulkan konstipasi.
  • Untuk bayi di atas 6 bulan, disarankan untuk memberikan asupan sayur dan buah-buahan. Bisa disajikan dalam bentuk jus agar anak lebih suka mengkonsumsinya. Buah buahan yang kaya akan serat seperti buah pear / apel atau jus pepaya. Dan disarankan untuk menhindari pisang atau wortel.

Mensiasati makanan berserat kepada anak

Pada umumnya anak anak cenderung pilih – pilih makanan dan cenderung tidak suka dengan buah buahan / sayur sayuran, nah lalu bagaimana cara mensiasatinya aga si buah hati tetap mendapat asupan serat yang cukup sekaligus si anak suka? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa anda coba untuk disajikan kepada anak anda yang tentunya kaya akan serat sehingga buang air besar anak tidak terhambat.

  • Produk berbahan oat. Oatmeal adalah salah satu pilihan ideal bagi anak untuk memeroleh asupan serat dan membantu mencegah terjadi konstipasi.
  • Menyajikan sup sayuran adalah cara yang baik untuk menambahkan serat ke dalam menu diet anak.  Sup yang terbuat dari sayuran dapat menyediakan serat yang dibutuhkan anak dan membantu mengatasi konstipasi.
  • Popcorn adalah makanan favorit anak dan merupakan sumber serat yang baik. Menurut para ahli dari MayoClinic, popcorn yang dibuat dengan alat bertekanan udara (air popped-popcorn) merupakan pilihan yang sehat untuk anak-anak.
  • Kacang. Anda dapat menyajikan menu makanan untuk anak dengan menggunakan bahan kacang hitam atau kacang merah. (Sumber : health.kompas.com).

Baiklah sekiranya cukup Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar (BAB). Apabila susah BAB masih berlanjut disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat, salam sehat bersama susu kambing etawa.

Susu kambing etawa Reviews Avg. Rating: 100 998323
Powered By Distributor Susu Kambing Etawa